Puspita, Yenni (2023) STRATEGI GURU DALAM PENGGUNAAN STIK ANGKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA Al-BARKAH. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of Yenni Puspita_19030068_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
Yenni Puspita_19030068_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (718kB)
[thumbnail of Yenni Puspita_19030068_PIAUD_BAB II-IV.pdf] Text
Yenni Puspita_19030068_PIAUD_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of Yenni Puspita_19030068_PIAUD_BAB V.pdf] Text
Yenni Puspita_19030068_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (270kB)

Abstract

Pendidikan anak harus dimulai sejak anak itu dilahirkan, mengajarkan hal-hal terkecil terlebih dahulu sebagai upaya pengembangan anak. Pendidikan anak usia dini mempunyai fungsi utama yaitu mengembangkan segala aspek perkembangan anak, yakni perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik, serta perkembangan sosial emosional. Untuk mewujudkan fungsi tersebut guru RA membutuhkan strategi. Strategi pembelajaran merupakan rancangan untuk pemilihan kegiatan oleh pengajar yang akan digunakan pada proses pembelajaran. Pemilihan itu dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi pembelajaran, sumber belajar, dan kebutuhan anak. Tujuan peneliatian ini untuk menjelaskan strategi guru pada penggunaan stik angka untuk menjelaskan hasil dari pengenalan angka melalui stik angka di RA Al-Barkah Panyabungan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di RA AL-Barkah Panyabungan Panyabungan Sumatera Utara. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Pengenalan Angka dengan metode pembelajaran Stik Angka di RA AL-Barkah yaitu dengan melalui menentukan tema lagu, media pembelajaran, mengkondisikan anak untuk berbaris membentuk sebuah lingkaran, memberikan contoh lagu tentang angka ditengah-tengah lingkaran, melakukan evaluasi pembelajaran dalam metode pembelajaran stik angka, dapat disimpulkan bahwa setelah pengenalan stik angka anak didik dapat meningkat dan dapat dilihat dari anak-anak ketika melakukan stik angka dengan cara bernyanyi menjadi semangat dan selalu mengikuti gerakan yang diperagakan oleh gurunya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru; Stik Angka; Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:39
Last Modified: 04 Jun 2024 01:39
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item
View Item