HOLIZAH, NUR (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FALAK DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of Nur Holizah_20010042_COVER-BAB I.pdf] Text
Nur Holizah_20010042_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Nur Holizah_20010042_BAB II-IV.pdf] Text
Nur Holizah_20010042_BAB II-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Nur Holizah_20010042_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Nur Holizah_20010042_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (421kB)

Abstract

Pondok pesantren Musthafawiyah merupakan salah satu pesantren di Mandailing Natal yang mempelajari ilmu Falak, di antara materinya membahas tentang penentuan awal waktu shalat. Dalam penentuan awal waktu shalat membutuhkan beberapa tahapan, maka dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman perencanaan pembelajaran falak pada penent uan awal waktu shalat, bagaimana pelaksanaan pembelajaran falak pada penentuan awal waktu shalat dan bagaimana evaluasi pembelajaran falak padapenentuan awal waktu shalat di pondok pesantren Musthafawiyah. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsika perencanaan pemebelajaran falak di pondok pesantren Musthafawiyah pada pembahasan penetapan awal waktu shalat menggunakan perhitungan falak. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran falak di pondok pesantren Musthafawiyah pada pembahasan penentu an awal waktu shalat. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran falak di pondok pesantren Musthafawiyah pada pembahasan penentuan awal waktu shalat. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini mengguna kan sumber data primer dan sumber data sekunder, selanjutnya menggunakan metode pengumpulan data, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data obsservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran falak di pondok pesa ntren Musthafawiyah Purba Baru pada perencanaan pembelajaran falak di pondok pesantren Musthafawiyah guru menyiapkan sesuai dengan kurikulum KTSP yaitu menyiapkan materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan metode yang sesuai, melakukan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran falak dalam proses ini guru menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Evaluasi pembelajaran falak di pondok pesantren Musthafawiyah menggunakan alat tes berupa tes lis an, tes tulisan. Sumber ajar dalam pembelajaran falak adalah guru, buku ajar karangan Muhammad Mukhtabin Attard Al-Jawwi Al-Yaquri yang berjudul kitab Taqribul Maqsod, dengan alat hitung Rubu’ Mujayyab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Pembelajaran Falak; Perencanaan; Pelaksanaan; Evaluasi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:38
Last Modified: 04 Dec 2025 04:38
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item
View Item