HSB, NUR HIDAYAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 PANYABUNGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
NUR HIDAYAH HSB_20010041_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (815kB)
NUR HIDAYAH HSB_20010041_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (886kB) | Request a copy
NUR HIDAYAH HSB_20010041_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (419kB)
Abstract
Model pembelajaran portofolio yang dimana peserta didik di tuntut lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, Karena sebelum adanya model pembelajaran portofolio, banyak siswa cenderung tidak aktif dan bahkan tidak memberikan argumen atau pendapat mereka. Maka dalam hal ini adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, bagaimana pelaksanaan model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, bagaimana penilaian model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan BudiPekerti, pelaksanaan model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, penilaian model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Motode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber data dan pengumpulan data. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1).Perencanaan dimulai dengan membuat CP, TP, ATP dan modul ajar 2).Pelaksanaannya, dimulai dari membagi kelompok kecil, mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, mencari informasi tentang masalah, presentasi portofolio dan refleksi. 3). Penilaian portofolio menggunakan penilaian dokumen dan penilaian penampilan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Model pembelajaran Portofolio, |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:44 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:48 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/660 |
