MEGAWATI, MEGAWATI (2024) IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN FIQIH SANTRIWATI PADA KELAS I-I TSANAWIYAH DI MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
MEGAWATI_18010197_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (749kB)
MEGAWATI_18010197_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (384kB) | Request a copy
MEGAWATI_18010197_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB)
Abstract
Kendala yang sering dihadapi oleh seorang guru dalam melakukan evaluasi adalah kurang tersedianya alat evaluasi yang dapat dicontoh dilapangan. Meskipun ada, biasanya bentuk atau format dan isinya hampir seragam. Jika guru ingin mengadopsi langsung, kadang-kadang kurang sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Namun, jika mengadaptasi guru relatif belum memiliki bekal cukup untuk melakukannya. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan implementasi evaluasi pembelajaran fiqih santriwati pada kelas I-I Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru 2) Bagaimana implementasi evaluasi pembelajaran fiqih santriwati pada kelas I-I Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan implementasi evaluasi pembelajaran fiqih santriwati pada kelas I-I Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru. 2) Untuk mengetahui implementasi evaluasi pembelajaran fiqih santriwati pada kelas I-I Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru fiqih dan santriwati pada kelas I-I Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, pengkodean sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan implementasi evaluasi pembelajaran fiqih Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru telah direncanakan secara matang dan direncanakan dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi. Sementara dari segi perencanaan teknik evaluasi yang akan digunakan ditemukan adanya kesesuaian antara item test/teknik evaluasi yang digunakan dengan aspek yang akan dinilai sehingga masing-masing bentuk evaluasi tersebut untuk mengukur hasil belajar siswa beserta keragaman aspeknya. Implementasi evaluasi pembelajaran fiqih Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru dilaksanakan 2 kali dalam semester, sehingga membuat pelaksanaan evaluasi hanya mengukur aspek kognitifnya saja. Bentuk bentuk evaluasi yang dilakukan Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru yaitu berbentuk pilihan ganda (multipel choice) dan essay tes. Yang secara khusus bertujuan untuk mengukur aspek kognitif semata begitu juga dengan semester hanya mengukur kognitifnya saja dan hasil implementasi evaluasi pembelajaran fiqih Tsanawiyah di Musthafawiyah Purba Baru sudah sesuai dengan program semester yang telah dibuat. Berupa pelaporan tiap pertengahan dan di akhir semester yang dilaporkan kepada kepala sekolah kemudian ditinjau terlebih dahulu. Setelah itu baru dilaporkan kepada orang tua siswa masing-masing oleh wali kelas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Evaluasi Pembelajaran |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 08:23 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 08:23 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/645 |
