YANTI LUBIS, FITRI (2024) PEMBENTUKAN SIKAP MANDIRI SISWA MELALUI TUGAS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN PAI-BP DI SMP NEGERI 5 PANYABUNGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
FITRI YANTI LUBIS_20010021_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (736kB)
FITRI YANTI LUBIS_20010021_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (900kB) | Request a copy
FITRI YANTI LUBIS_20010021_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB)
Abstract
Dengan tugas-tugas portofolio yang peserta didik kerjakan sama proses pembelajaran akan membantu peserta didik memahami teori secara mendalam. masih rendahnya kemandirian yang dimiliki peserta didik di kelas VII yang dapat diamati dari rasa tanggung jawab yang rendah dari tugas-tugas yang tidak dikerjakan, kedisiplinan yang ditunjukkan dari tidak tertibnya peserta didik mengikuti pembelajaran, ketergantungan dari hasil pekerjaan orang lain, jarang membawa buku paket sebagai sumber belajar, kepercayaan diri yang rendah dari keengganan bertanya, menjawab, berpendapat dan menanggapi serta kurangnya inisiatif dan kemauan untuk belajar memebuat penulis tertarik meneliti hal tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Panyabungan. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembentukan sikap mandiri melalui tugas portofolio pada pembelajaran PAI-BP di SMP N 5 Panyabungan ini tidak mudah, karena membutuhkan proses yang lama, ketekunan, kerja keras, keseriusan dan tanggung jawab yang dilakukan melalui menyiapkan LKPD, pembuatan daftar aktivitas sehari-hari, menyiapakan materi yang menyenangkan, dan pembuatan karya. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan sikap mandiri melalui tugas portofolio pada pembelajaran PAI-BP di SMP N 5 Panyabungan diantaranya adalah faktor penghambat yaitu faktor guru, fasilitas dan faktor waktu. Sedangkan faktor pendukung berupa semangat guru dan kerjasama guru dengan kepala sekolah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sikap Mandiri dan Tugas Portofolio |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:49 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:49 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/634 |
