Saujana Daulay, Dedi Irwan (2024) PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN ASESSMEN SEARCH PADA MATA PELAJARAN PAI BP DI SMA NEGERI 3 PANYABUNGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
DEDI IRWAN SAUJANA DAULAY_20010017_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB)
DEDI IRWAN SAUJANA DAULAY_20010017_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (862kB) | Request a copy
DEDI IRWAN SAUJANA DAULAY_20010017_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (426kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait pelaksanaan strategi pembelajaran asessmen serach pada mata pelajaran PAI-BP, serta kelemahan dan kelebihan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Panyabungan. Metode yang digunakandalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah, Guru PAI-BP SMA Negeri 3 Panyabungan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan strategi asessmen search pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Panyabungan dimulai dari proses perencanaan yaitu menyusun ATP, Modul Ajar, CP, TP lalu pelaksanaannya dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada pelaksanaan nya di SMA Negeri 3 Panyabungan penerapan strategi asessmen search ini sudah diterapkan secara optimal. Akan tetapi tentunya masih terus ada perbaikan-perbaikan menuju inovasi yang lebih baik lagi berkaca dari kelemahan-kelemahan yang ada, strategi ini sangat relevan diterapkan di era sekarang. Kedua, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3, Kelemahan pelaksanaan strategi asessmen search pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di SMA Negeri 3 Panyabungan, yaitu, Peserta didik yang pemalu dan kurang beradaptasi, Keterbatasan dan ketidaksesuaian materi pembelajaran, Media belajar yang terbatas, Evaluasi yang belum adil dan konsisten. Terdapat juga kelebihan dalam strategi ini, Peserta didik yang antusias dan termotivasi, Materi pembelajaran yang relevan, Media pembelajaran yang bisa digunakan Evaluasi pembelajaran yang efektif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pembelajaran; Asessmen Search |
| Subjects: | Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:24 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:24 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/627 |
