Fatimah, Marya (2023) ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RA AL BARKAH KOTASIANTAR. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
MARYA FATIMAH_19030029_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (614kB)
MARYA FATIMAH_19030029_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (522kB) | Request a copy
MARYA FATIMAH_19030029_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version
Download (403kB)
Abstract
Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Skripsi ini merupakan tentang Analisis Penggunaan Alat Permainan Edukatif Pohon Keluarga Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di RA Al-Barkah kotasiantar, dengan tujuan penelitian 1), untuk mendeskiripsikan kemampuan berbicara anak usia dini di RA Al-Barkah, 2) untuk menjelaskan perencanaan penggunaan APE pohon keluarga dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini di RA Al-Barkah, 3) untuk menggambarkan pelaksanaan penggunaan APE pohon keluarga untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini di RA Al-Barkah, 4) untuk menjelaskan evaluasi penggunaan APE pohon keluarga dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usiadi R A Al-Barkah. Penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah data terkumpul dengan menggunakan teknik triagulasi (membandingkan memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari Analisis Penggunaan Alat Permainan Edukatif Pohon Keluarga Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di RA Al-Barkah kotasiantar. 1) kemampuan berbicara anak usia di RA Al-Barkah sudah mulai berkembang sesuai dengan yang diharapkan, 2) perencanaan penggunaan APE pohon keluarga dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini RA Al-Barkah dengan RPPH guru akan mudah melakukan pembelajaran sesuai yang dirangcang oleh guru 3). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan APE pohon keluarga dari kegiatan awal pembukaan, membaca doa, kegiatan inti, mengenalan pohon keluarga, kegiatan akhir, penutupan. Evaluasi yang dilakukan guru memberikan laporan perilaku dan perkembangan anak kepada orang tua anak. Ini sangat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini yang sudah diterapkan oleh guru sehingga anak berkomunikasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Mengembangkan; Pohon keluarga; Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:01 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/226 |