Fadylah, Lanni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR ANGKA (PAPIKA) BAGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) ARAFAH MADINA (MANDAILING NATAL). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of LANNI FADYLAH_19030025_PIAUD_COVER- BAB I.pdf] Text
LANNI FADYLAH_19030025_PIAUD_COVER- BAB I.pdf - Published Version

Download (749kB)
[thumbnail of LANNI FADYLAH_19030025_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
LANNI FADYLAH_19030025_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy
[thumbnail of LANNI FADYLAH_19030025_PIAUD_BAB V.pdf] Text
LANNI FADYLAH_19030025_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (352kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengenal angka yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran di RA Arafah Madina. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perkembangan kognitif anak melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Angka, menguji kepraktisan, memastikan keefektifan dalam menggunakan Alat Permainan Edukatif papan pintar angka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate).Data yang terkumpul pada penelitian ini menggunakan data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil instrument angket validator, peserta didik, dan pendidik. Hasil pengembangan yang didapatkan dari penelitian ini dinyatakan valid yang dapat dilihat dari nilai instrument angket. Penelitian oleh ahli materi mendapat nilai persentase 91% dinyatakan sangat valid. Penilaian oleh ahli media mendapat nilai persentase 80% dinyatakan valid. Penilaian angket respon guru mendapat nilai persentase 94% dinyatakan sangat valid dan penilaian angket respon peserta didik mendapat nilai persentase 100% dinyatakan sangat valid. Berdasarkan penilaian yang didapatkan maka dinyatakan bahwa pengembangan Alat Permainan Edukatif papan pintar angka layak dijadikan media pembelajaranmengenalkan angka pada Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif; Pengenalan Angka; Papan Pintar Angka; Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:33
Last Modified: 26 Sep 2024 03:33
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item
View Item