Lubis, Febriyanti (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK USIA DINI DI RA ROHMATUL UMMAH MOMPANG JAE KECAMATAN PANYABUNGAN UTARA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of FEBRIYANTI LUBIS_19030017_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
FEBRIYANTI LUBIS_19030017_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (717kB)
[thumbnail of FEBRIYANTI LUBIS_19030017_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
FEBRIYANTI LUBIS_19030017_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of FEBRIYANTI LUBIS_19030017_PIAUD_BAB V.pdf] Text
FEBRIYANTI LUBIS_19030017_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di RA Rohmatul Ummah Mompang Jae Kec. Panyabungan Utara, apakah peran yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian yang mendeskripsikan tentang Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di RA Rohmatul Ummah Mompang Jae Kec. Panyabungan Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil pengolahan data dengan katakata dan gambaran umum yang terjadi di lapangan. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan temuan bahwa Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di RA Rohmatul Ummah adalah peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai inspiratory, dan peran guru sebagai evaluator. Cara yang di pakai guru di RA Rohmatul Ummah yaitu, adanya kerja sama antara guru dan kepala sekolah selalu ada dukungan dari kepala sekolah dalam hal menyediakan media atau alat yang di butuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar membaca pada anak, Pemanfaatan bahan-bahan bekas yang ada di sekitar guru untuk membuat media sendiri dan guru melakukan dengan permainan kartu gambar dan boneka tangan untuk meningkatkan motivasi belajar membaca pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:20
Last Modified: 26 Sep 2024 03:20
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item
View Item