Wahyuni, Melia (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ANEKA PERABOT KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of MELIA WAHYUNI_19090027_MBS_ COVER - BAB I.pdf] Text
MELIA WAHYUNI_19090027_MBS_ COVER - BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of MELIA WAHYUNI_19090027_MBS_ BAB II - IV.pdf] Text
MELIA WAHYUNI_19090027_MBS_ BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of MELIA WAHYUNI_19090027_MBS_ BAB V.pdf] Text
MELIA WAHYUNI_19090027_MBS_ BAB V.pdf - Published Version

Download (788kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Toko Aneka Perabot Aek Lapan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masalah yang melatar belakangi judul penelitian ini yaitu kurangnya konsumen dalam memperhatikan kualitas produk ketika melakukan pembelian suatu produk, konsumen juga terlalu bingung untuk memilih produk yang ingin dibelinya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana tingkat kualitas produk yang dipasarkan oleh Toko Aneka Perabot dan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan konsumen sebelum melakukan pembelian dan bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Toko Aneka Perabot Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 182 konsumen dan sample dalam penelitian ini sebanyak 65 orang setelah menggunakan rumus slovin. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji heteroskedasitas), dan analisis regresi linier sederhana (uji koefisien determinasi dan uji parsial t). Berdasarkan hasil penelitian diketahui Hasil uji regresi diolah menggunakan komputer program SPSS versi 26 diperoleh suatu persamaan yaitu kualitas produk merupakan sesuatu yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Untuk uji-t diperoleh thitung 3,495. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas produk berdampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian, dengan nilai thitung > ttabel. Dengan kata lain 3,495 lebih dari 1,668. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama ‘‘kualitas produk berpengaruh langsung secara parsial terhadap keputusan pembelian” telah dibuktikan dengan sukses oleh penelitian ini sebesar sebesar 0,162 x 100% = 16,2% sedangkan sisanya 83,8% dijelaskan oleh variabel lain. Artinya bahwa masih ada variabel independen yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk ; Keputusan Pembelian
Subjects: Manajemen Binis
Manajemen Binis > Pemasaran
Divisions: Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:50
Last Modified: 05 Sep 2024 02:50
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item
View Item