Rahayu, Husni Adelina (2023) PENGARUH PROMOSI WISATA PERIKANAN ANAK YATIM TAMBANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Tambangan Jae Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of HUSNI ADELINA RAHAYU_19090017_MBS_ COVER - BAB I.pdf] Text
HUSNI ADELINA RAHAYU_19090017_MBS_ COVER - BAB I.pdf - Published Version

Download (881kB)
[thumbnail of HUSNI ADELINA RAHAYU_19090017_MBS_ BAB II - IV.pdf] Text
HUSNI ADELINA RAHAYU_19090017_MBS_ BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of HUSNI ADELINA RAHAYU_19090017_MBS_ BAB V.pdf] Text
HUSNI ADELINA RAHAYU_19090017_MBS_ BAB V.pdf - Published Version

Download (528kB)

Abstract

Promosi obyek wisata merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan karena dapat lebih mengenalkan potensi yang ada di daerah tersebut, dengan adanya promosi ini perlu dilakukan kolaborasi untuk meningkatkan obyek wisata yaitu kolaborasi antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat guna meningkatkan pengunjung datang kembali. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi wisata perikanan Anak Yatim Tambangan dilakukan oleh masyarakat Desa Tambangan, bagaimana pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sektor wisata perikanan Anak Yatim dan apakah terdapat pengaruh wisata perikanan Anak Yatim tambangan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Tambangan Jae Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi wisata perikanan Anak Yatim Tambangan, untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sektor wisata perikanan Anak Yatim dan untuk mengetahui pengaruh wisata perikanan Anak Yatim tambangan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Tambangan Jae Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini usaha yang yang ada di wisata perikanan Anak Yatim dan sampel penelitian adalah 25 usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi wisata perikanan Anak Yatim Tambangan dilakukan oleh Masyarakat Desa Tambangan Jae dengan cara mempromosikan wisata melalui mulut ke mulut serta menjalin kerjasama dengan dinas pariwisata Kabupaten Mandailing Natal sehingga wisata perikanan anak Yatim lebih dikenal oleh seluruh masyarakat. Pada variabel pertumbuhan ekonomi masyarakat pada pernyataan menambah penghasilan masyarakat sekitar dan terciptanya UMKM atau peluang usaha merupakan salah satu penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam sektor wisata perikanan Anak Yatim. Hasil pengujian signifikansi parsial (uji-t) bahwa nilai thitung promosi wisata sebesar 2,834 > ttabel 1,713 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara promosi wisata terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan nilai R Square sebesar 0,259 atau sebesar 25,9% yang artinya variabel X (promosi wisata) dapat mempengaruhi variabel Y (pertumbuhan ekonomi) sebesar 25,9% dan sisanya 74,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi Wisata; Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: Manajemen Binis
Manajemen Binis > Pemasaran
Divisions: Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:45
Last Modified: 19 Aug 2024 03:45
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item
View Item