Wahyuni, Sri (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDS MUHAMMADIYAH 118 GUNUNG TUA KECAMATAN PANYABUNGAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
Sri Wahyuni_1701111_PAI_COVER- BAB I.pdf - Published Version
Download (646kB)
Sri Wahyuni_1701111_PAI_BAB II- IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (472kB) | Request a copy
Sri Wahyuni_1701111_PAI_BAB V.pdf - Published Version
Download (251kB)
Abstract
Mengingat begitu pentingnya arti disiplin dalam balajar, serta ajaran
Islam yang sangat menganjurkan kepada manusia untuk hidup disiplin, makasudah keharusan bagi guru untuk menegakkan disiplin dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SDS Muhammadiyah 118 Gunung Tua Kecamatan Panyabungan.
Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research), yang
bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogis. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI di SDS Muhammadiyah 118 Gunung Tua Kecamatan Panyabungan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Teknik analisis data yakni dengan mengumpulkan data dan triangulasi waktu. teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Implementasi pembelajaran PAI yang dilakukan di SDS Muhammadiyah 118 Gunung Tua ialah mengikuti atau sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2018 (K-13 Revisi
2018) yang sudah dicanangkan oleh Kemendikbud RI. Guru mengikuti perkembangan kurikulum, materi ajar disesuaikan dengan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan mengikuti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah disiapkan, 2). Disiplin siswa di SDS Muhammadiyah 118 Gunung Tua adalah bervariasi, ada yang tidak disiplin, kurang disiplin dan sangat disiplin, namun terkadang ada pembiasaan yang masih mereka bawa sewaktu masih di bangku TK, masih ada beberapa anak yang telat masuk kelas, tidak mengerjakan PR. Hal ini dikarenakan oleh faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yang dipersiapkan dengan sejak dini yaitu
faktor pembiasaan, 3).Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dapat dilakukan dengan cara penekanan terhadap siswa melalui kegiatan pembiasaan kedisiplinan siswa seperti budaya peduli terhadap lingkungan, sholat dzuhur berjamaah, mengaji sebelum pembelajaran dimulai, dan membiasakan tata krama yang baik, sopan santun yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pembelajaran PAI; Kedisiplinan |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:07 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:07 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/80 |