Sari, Diana Putri (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MMI PANYABUNGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_COVER- BAB I.pdf] Text
NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_COVER- BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_BAB II- IV.pdf] Text
NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_BAB II- IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_BAB V.pdf] Text
NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_BAB V.pdf - Published Version

Download (337kB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki gaya belajarnya tersendiri. Gaya belajar yang dikelola dengan baik akan berdampak pada keefektifan peserta didik pada saaat berlangsungnya pembelajaran. Hal ini juga akan memberikan dampak positif pada
peningkatan hasil belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh
gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MMI Panyabungan.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 peserta didik dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara gaya belajar
dengan hasil belajar sebesar 2,1% dengan nilai R= 0,021 dengan model persamaan regresi Ŷ = 76,227 + 0,096X. Jadi untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik guru dan orang tua diharapkan memberikan dorongan dan stimulus terhadap peserta didik dalam belajar. Apabila yang dipelajari dapat dipahami dengan baik tentunya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik itu sendiri. Kondisi sekolah maupun sarana serta prasarana sekolah dalam menunjang penigkatan hasil belajar peserta didik pada sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Hasil Belajar; Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:46
Last Modified: 10 Jun 2024 01:46
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item
View Item