Ulya, Naimatul (2023) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-FURQON MADINA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of Naimatul Ulya_19030034_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
Naimatul Ulya_19030034_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (597kB)
[thumbnail of Naimatul Ulya_19030034_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
Naimatul Ulya_19030034_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of Naimatul Ulya_19030034_PIAUD_BAB V.pdf] Text
Naimatul Ulya_19030034_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (270kB)

Abstract

Proses menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia dini harus melihat tahapan perkembangan anak. Menanamkan agama dan moral kepada anak dapat diwujudkan dengan keikutsertaan dalam kegiatan disekolah, anak akan mendapatkan pengalaman nyata yang diberikan oleh guru. Salah satu metode yang digunakan oleh guru untuk menanamkan agama dan moral pada anak melalui kegiatan cerita. Perlunya penanaman agama dan moral pada metode cerita diharapkan dapat membuat nilai-nilai yang diajarkan dapat dihayati dan dimaknai oleh anak tanpa panksaan. Skripsi ini mengulas tentang implementasi metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral di Raudhatul Athfal (RA) Al-Furqon Madina, dengan tujuan untuk menggambarkan
implementasi metode bercerita dalam menanamkan nilai agama pada anak usia dini di RA Al-Furqon, untuk mendeskripsikan penanaman nila-nilai agama dan moral di RA Al-Furqon, untuk menjelaskan faktor penunjang dan penghambat penanaman nilai-nilai agama dan moral dari implementasi metode bercerita di RA Al-Furqon. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah data terkumpul dengan menggunakan teknik triangulasi (membandingkan memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil observasi, wawancara dan hasil pengamatan pada dokumentasi. Hasil dari implementasi metode bercerita yang diterapkan di RA AlFurqon adalah cerita siroh dan metode ini sangat membantu anak usia dini untuk penanaman nilai-nilai agama dan moral di RA Al-Furqon, Implementasi metode
bercerita diterapkan guru sesuai dengan teknik yang tepat dan baik sehingga nilainilai yang terdapat dalam setiap cerita dapat tercermin dari kebiasaan dan perilaku anak dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Bercerita; Nilai-nilai Agama dan Moral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:35
Last Modified: 04 Jun 2024 01:48
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item