Aminah, Siti (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 2 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of SITI AMINAH_20010060_COVER-BAB I.pdf] Text
SITI AMINAH_20010060_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (751kB)
[thumbnail of SITI AMINAH_20010060_BAB II-BAB IV.pdf] Text
SITI AMINAH_20010060_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of SITI AMINAH_20010060_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
SITI AMINAH_20010060_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya implementasi model pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Mandailing Natal. Langkah awal yang dilakukan guru adalah menarik minat siswa dengan menjelaskan tema materi secara jelas dan menghubungkannya dengan pengalaman nyata yang relevan bagi mereka. Ini membantu siswa menyadari pentingnya materi dalam kehidupan mereka. Kemudian, guru membantu siswa mengenali dan memahami konsep-konsep yang sudah dipelajari dengan memberikan penjelasan mendalam, yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Setelah siswa memahami konsep, mereka menunjukkan pemahaman mereka melalui berbagai aktivitas seperti presentasi, proyek, atau tugas terkait. Aktivitas ini bertujuan untuk menilai sejauh mana siswa telah menguasai materi yang diajarkan. Guru juga melakukan pengulangan konsep dan latihan untuk memperkuat pengetahuan dan memastikan pemahaman siswa. Terakhir, guru memberikan apresiasi kepada siswa atas usaha dan pencapaian mereka dalam memahami materi. Apresiasi ini bisa berupa pujian, penghargaan, atau bentuk pengakuan lainnya yang bertujuan untuk mendorong siswa terus belajar dan tetap termotivasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Model pembelajaran Quantum Learning; Akidah Akhlak, MTsN 2 Mandailing Natal.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:49
Last Modified: 10 Dec 2025 07:49
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item
View Item