PULUNGAN, SARTIYAH (2021) OPTIMALISASI DARING PAFA PEMBELAJARAN FIKIH DI MTsN 2 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
SARTIYAH_160116_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB)
SARTIYAH_160116_ BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
SARTIYAH_160116_BAB V.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran daring merupakan system pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh. Tujuan adanya pembelajaran daring ialah memberikan layanan pembelajaran bermutu dalam jaringan yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau peminat ruang belajar agar lebih banyak dan lebih luas. Berdasarkan hal inilah peneliti melakukan penelitian untuk mengoptimalkan, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI MTs N 2 Mandailing Natal secara deskriptif yaitu menganalisis data dan informasi dengan kata-kata yang berasal dari wawancara, dokumen, dan Observasi untuk memperoleh makna yang mendalam dari hakekat proses tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran fikih pada saat daring dengan baerbasis IT untuk meningkatkan hasil belajar fikih siswa kelas xi MTs N 2 Mandaling Natal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 32 orang. Pengumpulan data melakukan peneliti dengan menggunakan tes tertulis bentuk piliha ganda dan uraian. Pengolahan dan analisis data dilakukan seca deskriptif dan kualitatif. Setelah melakukan pembelajaran fikih pada saat daring dengan bahan ajar berbasis IT, hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Data hasil belajar diperoleh setelah melakukan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi proses pembelajaran sebanyak 3 siklus. Maka hasil belajar diperoleh untuk siklus I nilai rata-rata 63.59, dengan ketuntasan belajar 28.12%, pada siklus II nila rata-rata 72.5, dengan ketuntasan belajar 68.75%,pada siklus III nilai rata-rata 75.37 dengan ketuntasan belajar 78.12% dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi Pembelajaran daring; bahan ajar bebasis IT; Hasil Belajar; Fikih |
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 08:03 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 08:03 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/689 |
