SALEH, RAHMAD (2024) STRATEGI GURU MENGAJI MALAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PADA ANAK-ANAK DI DESA MOMPANG JULU. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of RAHMAD SALEH_18010148_PAI_COVER-BAB I.pdf] Text
RAHMAD SALEH_18010148_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (786kB)
[thumbnail of RAHMAD SALEH_18010148_PAI_BAB II-BAB IV.pdf] Text
RAHMAD SALEH_18010148_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of RAHMAD SALEH_18010148_PAI_BAB V.pdf] Text
RAHMAD SALEH_18010148_PAI_BAB V.pdf - Published Version

Download (723kB)

Abstract

Mompang Julu mempunyai pengajian magrib mengaji di beberapa lorong yang mencetak anak-anak yang cinta Alquran tetapipeneliti fokus ke tiga pengajian saja: Pengajian Ustadz Salman, Bahri, dan Ustadzah Husnul Khotimah. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan diketahui bahwa masih ada sebagian dari anak pengajian yang kesulitan membaca Alquran. Oleh sebab itu ustadz dan ustazah memberikan bimbingan, dorongan dan strategi dalammengatasi kesulitan membaca Alquranya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru mengaji malam dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran, serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui strategi guru mengaji malam dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran. Metode penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang dimana subjek yang diteliti adalah strategi guru mengaji dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data dengan langkah-langkah Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Strategi dalammengatasi kesulitan membaca pada anakanak di Desa Mompang Julu, yang dipusatkan di 3 titik, pengajian Ustadz Salman, Ustadz Bahri, dan Ustadzah Husnul Khotimah yang dilaksanakan setiap malam setelah maghrib sampai dengan shalat isya. Tujuan pelaksanaan pengajian ini untuk mengatasi kesulitan ataupun meningkatkan cara membaca Alquran pada anak-anak, dalam pengajian ada Alquran dan ada juga yang Iqro, Metode yang diterapkan dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada anak-anak meliputi metode pembiasaan, satu per satu, kelompok, dan latihan. Faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada anak-anak di Desa Mompang Julu adalah adanya perhatian penuh dari Ustadz/Ustadzah, dukungan dari anak-anak yang sudah fasih dalam membaca Alquran dan fasilitas yang memadai, sedangkan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran nya yaitu kurangnya dorongan dan motivasi dari orang tua, minimnya perekonomian keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi;Ustadz/ah Pengajian; Kesulitan Membaca Alquran Anak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 03 Dec 2025 04:49
Last Modified: 03 Dec 2025 05:04
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item