Adawiyah, Rabiatul (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 PANYABUNGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
RABIATUL ADAWIYAH_20010047_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB)
RABIATUL ADAWIYAH_20010047_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (872kB) | Request a copy
RABIATUL ADAWIYAH_20010047_BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen diagnostik pendidikan agama Islam dan budi pekerti, untuk mengetahui implementasi asesmen formatif pendidikan agama Islam dan budi pekerti, untuk mengetahui implementasi asesmen sumatif pendidikan agama Islam dan budi pekerti, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi asesmen pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Panyabungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Yang menjadi informan pada penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII, kepala sekolah, peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yakni dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi Asesmen Diagnostik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Panyabungan guru mengucapkan salam, berdoa, mengabsen, melihat keadaan peserta didik, mengecek ruangan kelas, membuat kuis dan pre-test sebelum memulai pelajaran. Implementasi Asesmen Formatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Panyabungan sudah dilaksanakan dengan guru membuat kuis tanya jawab, diskusi kelas, refleksi, tes pilihan ganda, essay, tes lisan, dan post-test kepada peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Implementasi Asesmen Sumatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Panyabungan sudah diimplementasikan dengan penilaian asesmen sumatif pada saat ulangan harian, UTS dan UAS. Faktor penghambat implementasi asesmen penbelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Panyabungan adalah kurangnya pengetahuan guru lama tentang IPTEK. Sedangkan faktor pendukungnya adalah guru, motivasi belajar, dan peserta didik,
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Asesmen; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:09 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:09 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/670 |
