Hamidah Ibs, Nur (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI-BP (Studi Kasus di SMAN 1 Panyabungan Utara). Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
NURHAMIDAH LBS_20010040_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (796kB)
NURHAMIDAH LBS_20010040_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (445kB) | Request a copy
NURHAMIDAH LBS_20010040_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB)
Abstract
Model pembelajaran problem based learning adalah model pembelajaran yang dipusatkan pada penyelesaian masalah, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran, membantu mengembangkan pengetahuan yang baru, dan mencipatakan suasana yang nyaman dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI-BP di SMAN 1 Panyabungan Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data datanya menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti modul ajar tujuan pembelajaran untuk memastikan siswa dapat memahami materi dengan baik. Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dilakukan melalui beberapa langkah, termasuk mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisir diskusi kelompok, dan membimbing mereka dalam mencari solusi. Semua langkah ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Evaluasi implementasi problem based learning dilakukan dengan asesmen formatif, di mana guru menilai partisipasi siswa selama diskusi dan memberikan tugas di akhir pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:14 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:14 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/667 |
