BOROTAN, NUR SAIDAH (2024) POLA INTERAKSI GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH MATERI TENTANG IBADAH SHALAT SUNNAH DI KELAS VI-4 PONDOK PESANTREN ABINNUR AL-ISLAMI MOMPANG JAE. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
NUR SAIDAH BOROTAN_19010022_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (852kB)
NUR SAIDAH BOROTAN_19010022_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (535kB) | Request a copy
NUR SAIDAH BOROTAN_19010022_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru dalam pembelajaran fikih di pondok pesantren abinnur al-islami mompang jae dan untuk mengetahui pembelajaran fikih di kelas VI-4 pondok pesantren abinnur al-islami mompang jae. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data , Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, menyajikan data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Dan teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pola interaksi guru dalam pembelajaran fikih di kelas VI-4 pondok pesantren abinnur al-islami mompang jae, Pola interaksi guru dalam pembelajaran fikih bertujuan memperkenalkan dan menggambarkan materi pembelajaran fikih kepada peserta didik. Dalam hal ini, pola interaksi guru dengan peserta didik yaitu pola komunikasi satu arah. Guru fikih melakukan pola komunikasi satu arah dengan metode ceramah (guru fikih menjelaskan materi dan peserta didik hanya mendengarkan) selanjutnya Pola interaksi komunikasi dua arah (guru fikih melakukan tanya jawab setelah menyampaikan materi pembelajaran). 2) pembelajaran fikih materi tentang ibadah shalat sunnah di kelasVI-4 pondok pesantren abinnur al-islami mompang jae cukup baik, karena mereka mempelajari fikih bukan sekilas mengetahui saja tapi mereka mempelajari fikih itu mulai dari dasar hingga sampe dalilnya dan menggunakan prakteknnya. Dalam pembelajaran fikih guru menggunakan durasi waktu lima puluh menit dalam pembelajaran pada satu hari, tiga kali pertemuan guru menggunakan waktu tiga jam dalam satu minggu. Guru menutup pembelajaran pada hari itu, sedikit mengulang pelajaran sebelum penutupan biar santri bisa mengingat pembelajaran pada hari itu. Jadi yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami kurang lebih nya banyak mengetahui manfaat menjalankan shalat sunnah untuk kedepannya
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pola,interaksi, |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:22 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:22 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/665 |
