Basri, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL WUSTHA DI PONDOK PESANTREN ABINNUR AL-ISLAMI DESA MOMPANG JAE. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of Muhammad Basri_20010034_COVER-BAB I.pdf] Text
Muhammad Basri_20010034_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Muhammad Basri_20010034_BAB II-BAB IV.pdf] Text
Muhammad Basri_20010034_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[thumbnail of Muhammad Basri_20010034_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Muhammad Basri_20010034_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implmentasi pendidikan diniyah formal dari aspek kurikulum? Bagaimana implementasi pendidikan diniyah formal dari asperk pendidik dan tenaga pendidik dan bagaimana implementasi pendidikan diniyah formal dari aspek penilaian? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendiskripskan implementasi pendidikan diniyah formal dari aspek kurikulum, dari aspek pendidik dan tenaga pendidik, dan dari aspek penilaian di pondok pesantren Abinnnur Al-Islami. Jenis penelitian ini adalah peneliatian kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member chek. Teknik analisis data menggunakan reduction, display data, conclusion drawing/verification. Hasil dalam penelitian ini yaitu implementasi kurikulum berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagaimana peraturan menteri agama tahun 2020. Sumber belajar yang diterapkan menekankan mayoritas pembelajaran agama sebesar 75% dan pembelajaran umum 25%. Aspek pendidik dan tenaga kependidikan di pondok pesantren Abinnur Al-Islami adalah dari lulusan sarjana dan lulusan pesantren sesuai dengan peraturan menteri agama 2020 pada pasal 39, 40, 41. Aspek penilaian pendidik melakukan penilai harian yang dilakukan dengan berbagai cara dari kehadiran, memberikan tugas bisa berbentuk tulisan dan hapalan, bahkan pendidik juga melakukan observasi langsung kegiatan santri, untuk menilai semua pencapaian kompetensi dilakukan penilian tegah semester dan akhir semester. Maka dalam pengimplementasian Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami sesuai dengan Peraturan Menteri Agama tahun 2020 baik dari segi sumber belajar yang digunakan, kriteria pendidik dan tenaga kependidikan serta proses penilaian yang dilakukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Diniyah Formal; Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Dec 2025 08:12
Last Modified: 04 Dec 2025 08:12
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item