ASWAR NASUTION, MUHAMMAD (2024) ANALISIS PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS VII B PONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of MUHAMMAD ASWAR NASUTION_18010225_COVER - BAB I.pdf] Text
MUHAMMAD ASWAR NASUTION_18010225_COVER - BAB I.pdf - Published Version

Download (933kB)
[thumbnail of MUHAMMAD ASWAR NASUTION_18010225_BAB II - IV.pdf] Text
MUHAMMAD ASWAR NASUTION_18010225_BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of MUHAMMAD ASWAR NASUTION_18010225_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MUHAMMAD ASWAR NASUTION_18010225_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara yang dilakukan peneliti di MTs Subulussalam, pada saat itu yang menjadi guru adalah Ibu Sakdiah, S. P.d., dimana masih ada orang ttua siswa yang mengeluh dengan perilaku anaknya di rumah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung yang ditemui guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di MTs Subulussalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengimplementasikan pendidikan karakter di MTs Subulussalam dan untuk mengetahui serta mendeskrifsikan faktor penghambat dan pendukung peran guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di MTs Subulussalam. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Pondok Pesantren Subulussalam. Hasil Penelitian adalah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di MTs Pondok Pesantren Subulussalam sangat berperan baik sebagai seorang pendidik, sebagai seorang pengajar, sebagai seorang pembimbing, sebagai seorang pelatih dan sebagai seorang penasehat. Adapun faktor pendukungnya dimulai dari ada niat dan keauan dari seorang pendidik, siswa dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagian siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah, memiliki motivasi yang rendah dalam proses pembelajaran, siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran dan sebagian siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Akidah Akhlak; Pendidikan Karekter.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Dec 2025 08:14
Last Modified: 04 Dec 2025 08:14
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item