Hasim Hasibuan, Maryam (2024) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs NEGERI 2 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (839kB)
MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (627kB) | Request a copy
MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (409kB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah 1. Bagaimana Persiapan Model Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. 2. Bagaimana Pelaksanaan Model Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. 3. Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi Model Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. 1. Persiapan yang dilakukan antara lain menyiapkan modul ajar dan menyiapkan media atau alat pembelajaran yang digunakan. 2. Pelaksanaan dengan Penyampaian materi, kegiatan kelompok dengan guru membagi peserta didik ke dalaam beberapa kelompok yang dibagi secara acak, membagi tugas kepada setiap kelompok, pemberian kuis kepada setiap kelompok, perhitungan skor dan penghargaan kelompok. 3. Kelebihan dalam menerapkan model cooperative learning tipe student teams achiviement division (STAD) adalah peserta didik menjadi aktif didalam proses pembelajaran Sedangkan kekurangan waktu yang diperlukan relative lama sehingga waktunya tidak cukup.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD); Fikih. |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 03:16 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 03:16 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/642 |
