Hasim Hasibuan, Maryam (2024) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs NEGERI 2 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_COVER-BAB I.pdf] Text
MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (839kB)
[thumbnail of MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_BAB II-BAB IV.pdf] Text
MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MARYAM HASIM HASIBUAN_20010029_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (409kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah 1. Bagaimana Persiapan Model Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. 2. Bagaimana Pelaksanaan Model Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. 3. Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi Model Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2 Mandailing Natal. 1. Persiapan yang dilakukan antara lain menyiapkan modul ajar dan menyiapkan media atau alat pembelajaran yang digunakan. 2. Pelaksanaan dengan Penyampaian materi, kegiatan kelompok dengan guru membagi peserta didik ke dalaam beberapa kelompok yang dibagi secara acak, membagi tugas kepada setiap kelompok, pemberian kuis kepada setiap kelompok, perhitungan skor dan penghargaan kelompok. 3. Kelebihan dalam menerapkan model cooperative learning tipe student teams achiviement division (STAD) adalah peserta didik menjadi aktif didalam proses pembelajaran Sedangkan kekurangan waktu yang diperlukan relative lama sehingga waktunya tidak cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD); Fikih.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 25 Nov 2025 03:16
Last Modified: 25 Nov 2025 03:16
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item
View Item