KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X MAN 1 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of Khairunnisa_19010045_COVER-BAB I.pdf] Text
Khairunnisa_19010045_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (990kB)
[thumbnail of KHOIRUNNISA_19010045_BAB II-BAB IV.pdf] Text
KHOIRUNNISA_19010045_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[thumbnail of Khoirunnisa_19010045_BAB V (1).pdf] Text
Khoirunnisa_19010045_BAB V (1).pdf - Published Version

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendekatan Student centered Learning Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAN 1 Mandailing Natal dan Mengetahui kesulitan Implementasi Pendekatan Student centered Learning Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAN 1 Mandailing Natal. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang diteliti yaitu guru fikih kelas X MAN 1 Mandailing Natal, Peserta Didik, Wakil Bidang Kurikulum MAN 1 Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung yaitu wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber waktu, triangulasi sumber, triangulasi teknik. Dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendekatan Student Centered Learning dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Fikih Kelas X MAN 1 Mandiling Natal sudah di terapkan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berdasarkan prinsi, karakteristik dan peran peserta didik melalui kegiatan pembelajaran aktif berupa permainan edukatif, diskusi aktif dan berbagai kegiatan yang sudah berjalan cukup baik meskipun masih memerlukan perbaikan-perbaikan untuk kedepannya.kesulitannya yaitu keterbatasan waktu dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Centered Learning; Pembelajaran Fikih; Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 24 Nov 2025 08:26
Last Modified: 24 Nov 2025 08:26
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item
View Item