HASAN, FADILAH (2024) PEMBUATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI RA DARUSSALAM. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of FADILAH HASAN_20030006_COVER-BAB I.pdf] Text
FADILAH HASAN_20030006_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (600kB)
[thumbnail of FADILAH HASAN_20030006_BAB II-IV.pdf] Text
FADILAH HASAN_20030006_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of FADILAH HASAN_20030006_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
FADILAH HASAN_20030006_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) proses pembuatan Media Audio Visual terhadap daya ingat anak usia dini di RA Darussalam; 2) Keefektifan Media Audio Visual terhadap daya ingat
anak usia dini di RA Darussalam. Penelitian ini mengembangkan media audio visual untuk meningkatkan daya ingat anak usia dini menggunakan model Borg and Gall (2003) yang terdiri dari 10 tahapan, mulai dari studi pendahuluan hingga desiminasi produk. Proses pengembangan meliputi uji lapangan awal dan utama, serta revisi untuk memastikan kelayakan media. Proses pembuatan media
audio visual untuk meningkatkan daya ingat anak usia dini dimulai dengan pengidentifikasian kebutuhan,pengembangan konsep, dan produksi konten edukatif. Setelah divalidasi oleh ahli materi dan media, media ini diuji coba di RA Darussalam, menunjukkan kevalidan efektif sebesar 97,14% dalam meningkatkan daya ingat. Revisi dan pelatihan guru dilakukan untuk implementasi yang konsisten, dengan tujuan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kemampuan belajar anak. Keefektifan media audio visual dalam meningkatkan daya ingat anak usia dini di RA Darussalam di buktikan melalui observasi dan wawancara dengan guru, anak, dan orang tua. Hasil observasi menunjukkan anak-anak sangat terlibat, aktif berdiskusi, dan mampu menjawab pertanyaan dengan baik setelah menggunakan media tersebut. Media audio visual berhasil menciptakan suasana belajar yang menarik, meningkat kan kemampuan ingat, serta mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak. Dapat di simpulkan bahwa, implementasi media ini efektif dalam meningkatkan daya ingat dan pemahaman anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual; Memori Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:40
Last Modified: 20 Nov 2025 08:40
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item
View Item