FITRIANI, AIDA (2024) PENGARUH REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of AIDA FITRIANI_18010052-COVER-BAB I.pdf] Text
AIDA FITRIANI_18010052-COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (517kB)
[thumbnail of AIDA FITRIANI_18010052-BAB II-IV.pdf] Text
AIDA FITRIANI_18010052-BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of AIDA FITRIANI_18010052-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
AIDA FITRIANI_18010052-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reinforcement
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Panyabungan. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai keberhasilan belajar, sedangkan reinforcement, baik positif maupun negatif, dapat berperan penting dalam meningkatkan motivasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada siswa dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penerapan reinforcement terhadap motivasi belajar siswa. Secara khusus, reinforcement positif, seperti penghargaan dan pujian, terbukti lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dibandingkan dengan reinforcement negatif. Penemuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan teknik reinforcement yang tepat dalam pembelajaran PAI dapat membantu siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses belajar.Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, termasuk dukungan dari guru dan lingkungan belajar yang kondusif. Oleh karena itu, disarankan bagi pendidik untuk menerapkan strategi reinforcement secara konsisten dan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mendukung peningkatan motivasi belajar. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif, khususnya dalam mata pelajaran PAI di tingkat sekolah menengah. Kata kunci: reinforcement, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Dec 2025 08:32
Last Modified: 04 Dec 2025 08:32
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item
View Item