Nur Lubis, Rizkiyah (2024) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL SURAH PENDEK PADA ANAK USIA DINI DI RA AL- JUNAIDIYAH KAMPUNG LAMA. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
RIZKIYAH NUR LUBIS_20030030_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (689kB)
RIZKIYAH NUR LUBIS_20030030_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (572kB) | Request a copy
RIZKIYAH NUR LUBIS_20030030_BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB)
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini Di RA Al-junaidiyah Kampung Lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi metodeTalaqqi dalam menghafal surah pendek pada anak usia dini di RA Al-junaidiyah Kampung Lama (2) Untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal surah pendek di RA Al- junaidiyah (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode Talaqqi dalam menghafal surah pendek di RA Al-junaidiyah. Penelitian ini dilakukan di RA Al-junaidiyah. Dalam penelitian ini mengimplementasikan metode Talaqqi dalam menghafal surah pendek pada anak usia dini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi metode Talaqqi dalam menghafal surah pendek pada anak usia dini di RA Al- junaidiyah (2) Bagaimana kemampuan anak dalam menghafal surah pendek di RA Al-junaidiyah (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode Talaqqi dalam menghafal surah pendek di RA Al-junaidiyah. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif (field research) yaitu meliputi pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi secara langsung. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah (1) Implementasi metode Talaqqi dalam menghafal surah pendek pada anak usia dini Dimana guru di RA Al-junaidiyah ini sudah mengimplementasikan metode Talaqqi dengan baik (2) Kemampuan anak dalam mengahafal surah pendek pada anak usia dini. Kemampuan anak dalam menghafal surah pendek di RA Al-junaidiyah adalah bervariasi yang mana ada anak yang cepat dalam menghafal, ada yang sedang dan ada yang lambat. Adapun subjek dalam menghafal surah pendek ini adalah peserta didik dari kelas mawar sebanyak 23 anak. Anak yang berkembang sangat baik ada 8 anak, anak yang berkembang sesuai harapan ada 14 anak, sedangkan anak yang mulai berkemabang 2 anak. (3) Adapun faktor pendukung dalam implementasi metode Talaqqi ini adalah faktor kesehatan, faktor kecerdasan dan faktor motivasi. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi metode Talaqqi ini adalah kurangnya kesabaran anak, kurangnya kesungguhan anak dan kurangnya kefokusan anak dalam mengahafal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru di RA Al-junaidiyah ini sudah mengimplementasikan metode Talaqqi dengan baik pencapaian dalam kemampuan anak menghafal surah pendek anak kelas mawar sudah baik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Talaqqi; Kemampuan Anak Dalam Menghafal Surah Pendek |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 08:15 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 08:15 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/606 |
