NAILAH LUBIS, RIZKA (2024) STRATEGI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGELOLA ADMINISTRASI DI SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH TSANAWIYAH MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU. Other thesis, STAIN Mandailing Natal.
RIZKA NAILAH LUBIS_20012032_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (553kB)
RIZKA NAILAH LUBIS_20012032_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (698kB) | Request a copy
RIZKA NAILAH LUBIS_20012032_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB)
Abstract
Strategi merupakan suatu rangkaian kebijakan atau tindakan yang dilakukan terus menerus oleh suatu lembaga atau organisasi untuk mencapai tujuan tertentu berdasarkan peluang-peluang dan ancaman-ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta sumber daya dan kemampuan internal yang dimiliki. Adapun rumusan masalah Penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi tenaga kependidikan dalam mengelola administrasi madrasah di Satuan Pendidikan Muadalah Tsanawiyah Musthafawiyah Purba Baru. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola administrasi di madrasah Satuan Pendidikan Muadalah Musthafawiyah Purba Baru. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui strategi tenaga kependidikan dalam mengelola administrasi madrasah di Satuan Pendidikan Muadalah Tsanawiyah Musthafawiyah Purba Baru. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola administrasi di madrasah Satuan Pendidikan Muadalah Tsanawiyah Musthafawiyah Purba Baru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif bersifat induktif, dimana peneliti membiarkan permasalahanpermasalahan muncul dari data atau dibiarkan terbuka untuk interpretasi. Sedangkan suber data penelitian ini meliputi sumber data primer (kepala sekolah, dan staf tata usaha) dan sumber data sekunder (dokumen-dokumen). Metode pengumpulan dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis keabsahan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi yang diterapkan oleh tenaga kependidikan di Satuan Pendidikan Muadalah Tsanawiyah Musthafawiyah meliputi perencanaan yang matang, pembagian tugas yang jelas, penggunaan teknologi dalam pengelolaan data, serta evaluasi berkala untuk memastikan efektivitas administrasi. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi ini adalah dukungan dari pimpinan madrasah dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai. Namun, terdapat pula beberapa hambatan seperti kurangnya sumber daya manusia yang kurang berkompeten, fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai, serta manajemen waktu yang kurang efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan telah membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan administrasi di madrasah. Rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan pelatihan bagi tenaga kependidikan dan penguatan dukungan dari pihak terkait untuk mengatasi hambatan yang ada.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 08:20 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 08:21 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/605 |
