Zuhro, Amrotul (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
AMROTUL ZUHRO_ 18010217_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB)
AMROTUL ZUHRO_ 18010217_PAI_BAB II - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
AMROTUL ZUHRO_ 18010217_PAI_BAB V.pdf - Published Version
Download (687kB)
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal, untuk mengungkapkan faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu, dan untuk memaparkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran dalam penelitian ini meliputi pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan teknik pembelajaran. Hasil dari wawancara ditemukan data sebagai berikut: a) Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan yang berorientasi pada guru, b) Strategi yang diterapkan menggunakan strategi deduktif, c) Metode yang digunakan didominasi oleh metode ceramah dan demonstrasi, d) Teknik pembelajarannya guru memisahkan siswa tunarungu dari siswa ketunaan yang lain, cara khasnya guru mengajari kosa kata atau belajar huruf hijaiyyah dan baca al- Qur’an yaitu dengan peniruan gaya mulut (memperhatikan bentuk mulut guru), materi akhlak guru menggunakan media video dan contoh langsung, sedangkan pada materi ibadah guru menggunakan cara praktik langsung bersama dengan siswa, 2) Faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu dibedakan menjadi faktor internal yaitu minat belajar yang tinggi dari siswa itu sendiri, dan faktor eksternal yaitu dukungan dan bantuan dari orang tua siswa dalam proses pembelajaran ketika di rumah; 3) Faktor penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dari internal siswa tunarungu yaitu emosional siswa yang tidak stabil serta keadaan siswa yang sulit menerima informasi atau pelajaran dengan baik, sedangkan faktor eksternalnya yaitu adanya kesulitan guru Pendidikan Agama Islam dalam berkomunikasi dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Siswa Tunarungu |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:34 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:34 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/282 |