Thoibah, Thoibah (2023) PENGARUH PERSEPSI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA TAMBANGAN TONGA MENJADI NASABAH BANK SUMUT SYARIAH. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of Thoibah_19150022_PS_COVER-BAB I.pdf] Text
Thoibah_19150022_PS_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (877kB)
[thumbnail of Thoibah_19150022_PS_BAB II-BAB IV.pdf] Text
Thoibah_19150022_PS_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Thoibah_19150022_PS_BAB V.pdf] Text
Thoibah_19150022_PS_BAB V.pdf - Published Version

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 99 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan untuk menguji pengaruh persepsi dan promosi terhadap minat masyarakat desa tambangan tonga menjadi nasabah Bank SUMUT Syariah panyabungan. Penelitian ini dilakukan di Desa Tambangan Tonga. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 03 juni sampai 03 juli 2023. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu persepsi dan promosi sedangkan variabel dependennya adalah minat masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah masyarakat Desa Tambangan Tonga. Sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner langsung ke masyarakat Desa Tambangan Tonga sebanyak 99 responden. Metode statistik dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik uji t (parsial), uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil variabel persepsi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05. Jika dilihat dari nilai t hitung koefisisen persepsi memiliki t hitung > t tabel (1,986> 1,984). Variabel promosi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05. Jika dilihat dari nilai t hitung koefisien promosi memiliki t hitung > t tabel (1,999 >1,984). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen yaitu persepsi dan promosi berpengaruh positif terhadap minat masyarakat menjadi Nasabah bank SUMUT Syariah Panyabungan. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa: Persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Desa Tambangan Tonga menjadi nasabah Bank SUMUT Capem Syariah Panyabungan, Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Desa Tambangan Tonga menjadi nasabah Bank SUMUT Capem Syariah Panyabungan. Relationship Quality berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat. Dan pada table R Square menunjukkan bahwa persepsi dan promosi berpengaruh sebesar 55,7% terhadap Minat Masyarakat. Sedangkan 44,3% dipengaruhhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Promosi; Minat Masyarakat
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:26
Last Modified: 26 Sep 2024 03:26
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item