Hasibuan, Mutiah (2023) PENGARUH PRODUK DAN AKAD TERHADAP MINAT MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH STAIN MANDAILING NATAL DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
![[thumbnail of MUTIAH HASIBUAN_ 19150012_PS_COVER-BAB I.pdf]](https://repository.stain-madina.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MUTIAH HASIBUAN_ 19150012_PS_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of MUTIAH HASIBUAN_ 19150012_PS_BAB II-BAB IV.pdf]](https://repository.stain-madina.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MUTIAH HASIBUAN_ 19150012_PS_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of MUTIAH HASIBUAN_ 19150012_PS_BAB V.pdf]](https://repository.stain-madina.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MUTIAH HASIBUAN_ 19150012_PS_BAB V.pdf - Published Version
Download (584kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh mahasiswa jurusan perbankan syariah STAIN Mandailing Natal.Tujuannya untuk mengetahui adakah pengaruh produk dan akad terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah.Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu produk dan akad, sedangkan variabel dependennya adalah minat mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket langsung ke mahasiswa jurusan perbankan syariah sebanyak 66 responden. Metode statistik dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis yaitu uji parsial ( uji t), uji simultan ( uji f ) dan uji determinasi (R2) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian analisis data menggunakan uji T terlihat bahwa t hitung koefisien pdoduk adalah 2.418. Sedangkan t tabel bisa dihitung pada tabel t-test, dengan α = 0,05 dan df = 64 didapat t tabel adalah 1.998. Variabel produk (X1) memiliki p-value 0,018 < 0,05 artinya siginifikan, sedangkan t hitung > t tabel (2.418 > 1.998), maka dapat disimpulkan bahwa variabel produk berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menabung secara parsial. Variabel akad (X2) terlihat bahwa t hitung koefisien akad adalah 2.705. Sedangkan t tabel bisa dihitung pada tabel t-test, dengan α =0,05 dan df = 64 didapat t tabel adalah 1.998. Variabel produk memiliki p-value 0,09 < 0,05 artinya signifikan, sedangkan t hitung > t tabel (2.705 > 1.998), maka dapat disimpulkan bahwa variabel produk berpengaruh siginifikan terhadap variabel minat menabung secara parsial. Hasil yang didapat dalam uji F produk (X1) dan akad (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap
minat menabung di bank syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk; Akad; Minat Menabung. |
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 08:54 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 08:54 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/264 |