Lubis, Elvina Sari (2024) PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of ELVINA SARI LUBIS_20120006_COVER_BAB I.pdf] Text
ELVINA SARI LUBIS_20120006_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of ELVINA SARI LUBIS_20120006_BAB II-IV.pdf] Text
ELVINA SARI LUBIS_20120006_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of ELVINA SARI LUBIS_20120006_BAB V.pdf] Text
ELVINA SARI LUBIS_20120006_BAB V.pdf - Published Version

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Panyabungan" Sarana Prasarana di SMK Negeri 2 Panyabungan memiliki lahan dan kondisi geografis dalam segala aspek dan daya dukung dalam jangka waktu tertentu. Lahan SMK Negeri 2 Panyabungan memiliki luas tanah 6,860 m². Bangunan Gedung SMK Negeri 2 Panyabungan baik dan layak untuk digunakari dalam proses belajar mengajar. Kelengkapan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang amat penting disekolah karena keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah.Adapun rumusan masalah yaitu Bagaimana sarana prasarana di SMK Negeri 2 Panyabungan, Bagaimana hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Panyabungan, dan Apakah sarana prasarana berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui sarana dan prasarana yang ada di SMK Negeri 2 Panyabungan; 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Panyabungan; 3) Untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Panyabungan. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survey. Dengan peserta didik yang menjadi responden sebanyak 74 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket (Quisioner). Angket ini terdiri dari 30 pernyataan yangmterdiri dari pernyataan untuk sarana prasarana belajar. Data diolah dan di analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for windows dan Excel 2010. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, uji parsial (t) dan uji koefisien determinasi. Hasil data olah terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y pada uji parsial (uji-t) dapat dilihat bahwa variabel sarana prasaraa (x), thitung adalah 23.366 dan trabal diperoleh 0,361 yang menunjukkan bahwa thinung > trabal (23.366 > 0,361). Hal ini menunjukkan bahwa ha ditolak h, diterima. Jadi, hasil parsial (t) menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana berdampak positif secara parsial terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa sarana prasarana belajar peserta didik di SMK 2 Negeri Panyabungan berpengaruh terhadap keaktifan siswa sebesar 88,3% dan berada dikategori baik. Dan 11,7% di pengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif sarana dan prasarana belajar terhadap hasil belajar Peserta didik. Hal ini dibuktikan oleh peserta didik di SMK Negeri 2 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarana prasarana belajar; Hasil belajar; Peserta didik
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sarah Wulan Dari
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:02
Last Modified: 12 Sep 2024 03:02
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item