Nasution, Yuni Rahmadani (2023) PENGGUNAAN FLASH CARD BERWUDHU TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA AI NUUR DESA KAMPUNG PADANG. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of YUNI RAHMADANI NST_19030070_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
YUNI RAHMADANI NST_19030070_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of YUNI RAHMADANI NST_19030070_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
YUNI RAHMADANI NST_19030070_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of YUNI RAHMADANI NST_19030070_PIAUD_BAB V.pdf] Text
YUNI RAHMADANI NST_19030070_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (358kB)

Abstract

Penggunaan Flash Card Berwudhu Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di RA AI NUUR Desa Kampung Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualtitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana strategi penggunaan flash card berwudhu terhadap perkembangan kogntif anak usia dini di RA AI NUUR Desa Kampung Padang dan menjawab pertanyaan bagaimana perkembangan kognitif anak terhadap penggunaan flash card berwudhu di RA AI NUUR Desa Kampung Padang. Jenis penelitian ini merupakan peneltiadeskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil pengolahan data dengan kata- kata dan gambaran umum yang terjadi di lapangan. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah strategi penggunaan flash card berwudhu di RA AI NUUR Desa Kampung Padang yaitu dengan strategi inkuiri (tidak langsung) yang memberikan kesempatan kepada anak dalam berlajar dengan menggunakan metode bermain seraya belajar yang dapat menyenangkan anak dalam pembelajaran sehingga anak lebih konsentrasi, fokus, tertarik dan berminat dalam belajar dan melalui startegi penggunaan flash card berwudhu berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak.Perkembangan kognitif anak melalui penggunaaan flash card berwudhu yaitu, anak dapat belajar dalam berfikir symbolic seperti anak konsentrasi menyebutkan angka pada flash card berwudhu,mengenal dan menirukan isi gambar, anak mampu memahami perintah dan arahan dalam bermain flash card berwudhu, anak mampu man membedakan bentuk ukuran dan mengetahui tata cara atau urutan berwudhu dan mengetahui batasan wudhu melalui flash card berwudhu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flash Card; Berwudhu; Perkembangan Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:35
Last Modified: 19 Nov 2024 02:35
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item
View Item