Andira, Yuni (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) TADIKA ADNANI PANYABUNGAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of YUNI ANDRIA DALIMUNTHE_ 19030069_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
YUNI ANDRIA DALIMUNTHE_ 19030069_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of YUNI ANDRIA DALIMUNTHE_ 19030069_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
YUNI ANDRIA DALIMUNTHE_ 19030069_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of YUNI ANDRIA DALIMUNTHE_ 19030069_PIAUD_BAB V.pdf] Text
YUNI ANDRIA DALIMUNTHE_ 19030069_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (356kB)

Abstract

Usia dini adalah tahun-tahun awal kehidupan anak yang merupakan masa keemasan. Masa keemasan ini adalah masa yang tepat untuk memberikan dasar dasar pengembangan kemampuan pada anak. Setiap anak mempunyai potensi berbahasa. Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia Raudhatul Athfal (RA) 4-6 tahun yaitu keterampilan berbahasa. Adapun yang paling umum dari kemampuan bahasa dari usia 4-6 tahun adalah kemampuan berbicara. Kerakteristik kemampuan bahasa anak pada usia tersebut meliputi anak bisa berbicara dengan baik, bisa melakukan tiga perintah lisan dengan benar dan terurut, mendengarkan dan menceritakan ulang cerita sederhana secara sistematis dan tidak berbelit-belit, mengucapkan tiga kalimat atu lebih dan mengenal tulisan sederhana. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampauan bebicara anak, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode bercerita melalui boneka jari. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptif dan cendrung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Penonjolan proses penelitian dan memanfaatkan landasan teori dilakukan agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa perencanaan yang dilakukan guru dalam metode bercerita melalui boneka jari yaitu membuat RPPH pembelajaran, menyusun program pengajaran, dan mempersiapakan bahan pembelajaran yang digunakan. Dalam pelaksanaanya guru harus mampu menguasai kelas, materi serta menggunakan bahasa yang sederhana dalam bercerita. Untuk evaluasi guru memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali cerita yang disampaikan oleh guru juga mampu menggunakan boneka jari. Guru mengajak anak untuk menyebutkan kembali media/bahan apa saja yang digunakan untuk kegiatan bercerita tersebut, bagaimana cara melakukan kegiatannya, dan bagaimana hasil dari kegiatan bercerita tersebut. Lalu guru memberikan pesan- pesan pendek kepada anak atas kegiatan yang dilakukan hari ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara Anak; Metode Bercerita; Boneka Jari.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:43
Last Modified: 18 Nov 2024 08:43
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item
View Item