Nurmailis, Upik (2023) ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI BERDASARKAN GENDER PADA KELOMPOK B RA TADIKA ADNANI MADINA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of UPIK NURMAILIS_19030066_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
UPIK NURMAILIS_19030066_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of UPIK NURMAILIS_19030066_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
UPIK NURMAILIS_19030066_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[thumbnail of UPIK NURMAILIS_19030066_PIAUD_BAB V.pdf] Text
UPIK NURMAILIS_19030066_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (389kB)

Abstract

Kecerdasan pada anak usia dini memiliki perkembangan yang berbeda.Ini dikarenakan perkembangan otaknya. Anak laki-laki berkembang otak kanan dominan dan akan berkembang sempurna saat berusia 18 tahun. Sedangkan otak kanan anak perempuan berkembang kiri dan kanannya secara optimal di usia dini. Ini menyebabkan usia dini pada anak laki-laki ketika belajar disekolah sebagian besar memilih bermain-main dan cenderung tidak serius dalam pembelajaran. Sedangkan anak perempuan sudah mampu menerima pembelajaran dengan serius .Dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan kognitif anak laki-laki dan perkembangan kognitif anak perempuan pada usia dini dalam kelas B dan perbedaan perkembangan kognitif anak laki-laki dan anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di RA Tadika Adnani Panyabungan Mandailingnatal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif deskriftif dilaksanakan secara kolaboratif dengan wali kelas Zubeir bin awwam ibu Ernita. Lubis SHI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan perkembangan kognitif anak perempuan kirinya dan kanan seimbang, dimana otak kiri adalah otak analisa (cepat membaca),bicara (kemampuan bahasa), matematika dan tematik. perkembangan kognitif anak laki-laki dominan berkembang otak kanan duluan yaitu otak santai, otak kreatif, otak gambar, otak musik, otak warna, otak main (gerak). Otak kanan laki-laki lebih cepat berkembang dari otak kanan perempuan, sedangkan otak kirinya perempuan lebih cepat berkembang dari otak kirinya laki-laki. Perbedaan ini menyebabkan anak laki-laki jarang menjadi juara di dalam kelas pada usia dini. Dalam perbedaan perkembangan otak kanan dan otak kiri pada anak usia dini berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak laki-laki dan perkembangan kognitif anak perempuan pada anak RA Tadika Adnani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan otak; perkembangan otak kanan; perkembangan otak kiri; perkembangan Kognitif anak laki-laki; perkembangan kognitif anak perempuan; gender
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:41
Last Modified: 18 Nov 2024 08:41
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item
View Item