Nst, Rahmadani (2023) STRATEGI GURU DALAM PENGENALAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-BARKAH KOTASIANTAR. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of RAHMADANI NST_19030051_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
RAHMADANI NST_19030051_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (648kB)
[thumbnail of RAHMADANI NST_19030051_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
RAHMADANI NST_19030051_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of RAHMADANI NST_19030051_PIAUD_BAB V.pdf] Text
RAHMADANI NST_19030051_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Barkah T.A 2023/2024 yang bertempat di Kotasiantar. Rumusan masalah ini yaitu bagaimana strategi guru dalam pengenalan pembelajaran membaca permulaan di RA Al-Barkah Kotasiantar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana strategi guru dalam pengenalan pembelajaran membaca permulaan pada anak usia dini di RA Al-Barkah dan juga menjawab pertanyaan bagaimana respon anak didik terhadap strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran membaca permulaan. Jenis penelitian ini merupakan peneltian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil pengolahan data dengan kata- kata dan gambaran umum yang terjadi di lapangan. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak didik RA AlBarkah menggunakan beberapa strategi diantaranya pembelajaran membaca permulaan menggunakan strategi Cantol Roudhoh, Strategi Kartu Huruf, dan Strategi Pembelajaran Dengan Media Papan Tulis. Respon anak didik terhadap adanya beberapa strategi ini anak didik sudah termotivasi untuk belajar membaca permulaan, anak tidak merasa jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung, dan anak didik lebih mudah memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru; Membaca Permulaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:31
Last Modified: 11 Sep 2024 03:31
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item