Lubis, Nurjalilah (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI RA DARUSSALAM PANYABUNGAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
SKRIPSI NURJALILAH LUBIS19030044_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (718kB)
SKRIPSI NURJALILAH LUBIS19030044_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (630kB) | Request a copy
SKRIPSI NURJALILAH LUBIS19030044_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di RA Darussalam Panyabungan tahun 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa usia 5-6 tahun di RA Darussalam Panyabungan. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran bernyanyi yang digunakan utuk mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan alat bantu pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di RA Darussalam Panyabungan terbilang sangat baik. Hal tersebut didasari oleh pencapaian anak saat melakukan evaluasi akhir. Sehingga peneliti menyimpulkan penggunaan metode pembelajaran bernyanyi sebagai pembiasaan belajar dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak dan memberikan dampak positif. Kegiatan benyanyi sambil mengenalkan angka pada anak efektif digunakan pada anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal Angka; Metode Bernyanyi; Anak usia dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:33 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/233 |