Pulungan, Fitri Husni (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of FITRI HUSNI PULUNGAN_19090015_MBS_ COVER - BAB I.pdf] Text
FITRI HUSNI PULUNGAN_19090015_MBS_ COVER - BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of FITRI HUSNI PULUNGAN_19090015_MBS_ BAB II - IV.pdf] Text
FITRI HUSNI PULUNGAN_19090015_MBS_ BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of FITRI HUSNI PULUNGAN_19090015_MBS_ BAB V.pdf] Text
FITRI HUSNI PULUNGAN_19090015_MBS_ BAB V.pdf - Published Version

Download (489kB)

Abstract

Perpustakaan adalah sebuah mangan, bagian sebuah gedung,
atapun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lain yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Kualitas pelayanan perpustakaan merupakan kepuasan yangbdidapatkan oleh setiap pemustaka setelah membandingkan pelayanan yang diterima dengan kesesuaian pelayanan yang diinginkan. Sedangkan kepuasan pengunjung adalah reaksi emosional yaitu perasaan senang dan kecewa seseorang atas pengalamanya memanfaatkan layanan. Maka perpustakaan harus memiliki kualitas dalam hal pemberian layanan serta sumber daya manusianya. Perpustakaan yang memiliki kualitas pelayanan atau kinerja yang bagus akan membuat pengunjung perpustakaan merasa nyaman berada di perpustakaan. Perpustakaan Daerah Mandailing Natal diharapkan dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik. Pada kenyataanya, perpustakaan kini kurang diminati oleh pengunjung karena pelayanan yang diberikan tidak mencapai harapan pengunjung seperti fasilitas buku yang kurang lengkap, fasilitas yang kurang memadai, sarana dan prasarana perpustakaan yang masih minim (masih manual), serta lokasinya yang kurang baik dan akses internet yang lambat. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan Analisis Regresi Linier sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket (kuesioner) dengan jumlah 96 responden dari 2.309 pengunjung perpustakan pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung pada Perpustakaan Daerah Kabupaten Mandailing Natal. Hasil analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 27 menghasilkan persamaan Y=22,810 +0,148X. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) nilai t-hitung sebesar 4,357 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,661, maka 4,357 > 1,661 dan nilai signifikansi nya 0,000< 0,05 dan maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada Perpustakaan Daerah Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pengunjung; Perpustakaan
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:50
Last Modified: 19 Aug 2024 03:50
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item