Nasution, Rudi Siswandi (2023) ANALISIS SWOT PRODUK TABUNGAN HAJI MAKBUL PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH PANYABUNGAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
RUDI SISWANDI NASUTION_19150047_ES_ COVER - BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
RUDI SISWANDI NASUTION_19150047_ES_ BAB II- IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (854kB) | Request a copy
RUDI SISWANDI NASUTION_19150047_ES_ BAB V.pdf - Published Version
Download (300kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah nasabah produk Tabungan Haji Makbul PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan mengalami peningkatan mulai dari tahun 2020 sampai tahun 2022. Salah satu kendala masyarakat Mandailing Natal adalah besarnya ongkos naik haji, kemudian tabungan ini memudahkan masyarakat untuk mengunjungi baitullah. Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis SWOT pada produk Tabungan Haji Makbul di PT. Bank Sumut KCPSy Panyabungan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis SWOT produk Tabungan Haji Makbul PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Analisis SWOT, yaitu sebuah bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran) sehingga bank bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mereka miliki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah informan dari customer service PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan, dan nasabah Tabungan Haji Makbul. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan matriks SWOT menunjukkan bahwa PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan memiliki kekuatan yang terdiri dari:Memiliki brand image, pelayanan yang cukup baik dan cepat, service mengantar calon jemaah Haji, manasik haji gratis, bebas biaya administrasi, asuransi gratis, penutupan tidak ada biaya sama sekali, dan memberikan pelayanan terbaik. Kelemahan produk ini terdiri dari:Lamanya daftar tunggu keserangkatan haji,promosi produk masih kurang, sedangkan peluang tabungan ini terdiri dari: Masyarakat yang mayoritas beragama Islam, pertumbuhan pangsa pasar yang semakin tinggi, minat nasabah semakin bertambah untuk menggunakan produk ini, lokasi yang strategis. sedangkan ancaman Produk Tabungan Haji Makbul terdiri dari: Persaingan produk yang semakin ketat, wilayah Kabupaten Mandailing Natal cukup luas untuk mempromosikan Tabungan Haji Makbul. Hasil prosedur analisis terhadap produk Tabungan Haji Makbul adalah berada pada kuadran I (positif-positif) yang berarti keunggulan komperatif atau strategi progresif, yaitu produk Tabungan Haji Makbul memiliki begitu banyak kekuatan serta peluang yang cukup untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tabungan Haji Makbul; SWOT |
Subjects: | Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 04:53 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 04:53 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/135 |