Jaliah, Habibatu (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD S 396 ISLAM TERPADU ALHUSNAYAIN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of HABIBATUL JALIAH_19120007_MPI_COVER-BAB I.pdf] Text
HABIBATUL JALIAH_19120007_MPI_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (747kB)
[thumbnail of HABIBATUL JALIAH_19120007_MPI_BAB II-IV.pdf] Text
HABIBATUL JALIAH_19120007_MPI_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[thumbnail of HABIBATUL JALIAH_19120007_MPI_BAB V.pdf] Text
HABIBATUL JALIAH_19120007_MPI_BAB V.pdf - Published Version

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan implementasi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Pendidikan SD S 396 Islam Terpadu Al-Husnayain beralamat Jl. Willem Iskandar, Pidoli Dolok, Kec. Panyabungan, Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan pengambilan informan menggunakan teknik snowball sampling. Informan yang ditentukan peneliti kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, komite atau wali murid. Sedangkan teknik pengumpulan data mulai dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk keabsahan data dilakukan secara triangulasi. Hasil dari penelitian bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD S 396 IT Alhusnayain diimplementasikan melalui tahapan fungsi manajemen yang berdasarkan standar nasional pendidikan. Sedangkan faktor pendukung adalah adanya pelaksanaan perencanaan dengan membuat rapat kerja kerja minimal satu kali satu bulan dan terkadang satu kali dua minggu, pembagian tugas selalu disesuaikan dengan tufoksi, adanya kekompakan dan kerjasama yang kuat pendidik dan orang tua peserta didik. Selalu ada dukungan dari pimpinan yayasan dalam peningkatan mutu termasuk sebagai fasilitator. Kemudian penghambat yang ditemukan adalah kesiapan pendidik dalam mengembangkan kurikulum merdeka masih kurang dan sarana prasaran masih kurang memadai untuk penambahan kuota peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Manajemen Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sarah Wulan Dari
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:45
Last Modified: 24 Jun 2024 08:45
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item
View Item