Sahara, Sahara (2023) PELEKSANAAN PEMBELAJARAN FIQH MELALUI MODEL BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS 2 TSANAWIYAH PESANTREN ROIHANUL JANNAH. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of SAHARA_18010058_PAI_COVER- BAB I.pdf] Text
SAHARA_18010058_PAI_COVER- BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of SAHARA_18010058_PAI_BAB II- IV.pdf] Text
SAHARA_18010058_PAI_BAB II- IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SAHARA_18010058_PAI_BAB V.pdf] Text
SAHARA_18010058_PAI_BAB V.pdf - Published Version

Download (415kB)

Abstract

Efektivitas Pembelajaran Fiqih Model Belajar Contextual Teaching and Learning di Kelas 2 Tsanawiyah Pesantren Roihanul Jannah. Skripsi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model CTL dengan pendidikan fiqih di pesantren Roihanul Jannah, apakah pembelajaran fiqih melalui model pembelajaran contextual teaching learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui model pembelajaran contextual teaching learning di pesantren roihanul jannah. Adapun tujuan adanya penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bahw model CTL benar-benar dapat meningkatkan pendidikan fiqih di pesantren Roihanul Jannah, 2) Seberapa besar peningkatan hasil belajar fiqih siswa melalui model pembelajaran contextual teaching learning, 3) Keefektifan penerapan model pembelajaran contextual teaching learning. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah pesantren Roihanul Jannah, guru Fiqih, dan adek-adek kelas 2 Tsanawiyah di Pesantren Roihanul Jannah. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan metode pengumpulan data. Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini, 1) Pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan mental siswa membentuk kelompok belajar yang saling bergantung, memperhatikan multi-inteligensi siswa, menggunakan tekhnik- tekhnik bertanya untuk meningkatkan pembelajaran siswa, perkembanga pemecahan masalah, dan keterampilan berfikir tingkat tinggi, 2) Model ctl diterapkan dalam pembeljaran fiqih sebagai salah satu bentuk variasi dan diharapkan dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar agar lebih mudah dan menyampaikan materi pembelajaran dan memberikan hasil yang maksimal.3. penerapan model belajar contextual teaching and learning pada materi fiqih di kelah 2 tsanawiyh pesantren roihanul jannnah sudah berjalan dengan baik, penerapan pembelajaran tidak lepas dri peran peserta didik, segenap guru, dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar aktivitas kegiatan belajar mengajar. Dapat dipahami penerapan model ctl dalam pembelajaran fiqih sangat efektif karena dapat membuat siswa lebih antusias selama proses pembelajaran berlangsung dan membuat para siswa lebih antusias selama pross pembelajaran erta dapat memberikan tauladan dalam bersikap dan bertingkah laku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL; Model Belajar Contextual Teaching and Learning; Pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:25
Last Modified: 12 Jun 2024 03:25
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item
View Item