Pulungan, Nursaibah (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI THAHARAH KELAS VII DI MTs. PERSIAPAN NEGERI RANTO BAEK. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_COVER- BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_BAB II- IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (761kB) | Request a copy
NURSAIBAH PULUNGAN_18010137_PAI_BAB V.pdf - Published Version
Download (337kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena Kreativitas pada seorang guru adalah satu faktor yang penting dalam dunia pendidikan. Kreativitas berperan dalam keberhasilan serta hasil belajar di
sekolah. Sedangkan posisi guru adalah kemampuan dalam memegang mata pelajaran pendidikan untuk mewujudkan potensi daya pikirnya, sehingga menghasilkan suatu yang baru dan menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, kreativitas guru sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena akan
mempengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang akan berlangsung. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran Fikih Materi Thaharah Kelas VII di MTs. Persiapan Negeri Ranto Baek? 2). Apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelaran Fikih Materi Thaharah Kelas VII di MTs. Persiapan Negeri Ranto Baek?. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa dan Untuk mengetahui apa saja Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran Fikih Materi Thaharah Kelas VII di MTs. Persiapan Negeri Ranto Baek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTs Persiapan Negeri Ranto Baek sedangkan observasi dan dokumentasi di gunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran serta menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu kreativitas dalam menggunakan metode yaitu dengan metode ceramah, Tanya jawab dan praktek, kreativitas dalam menggunakan sumber belajar yaitu
guru memamfaatkan sumber belajar yang ada dikelas seperti buku dan LKS dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yaitu guru menggunakan evaluasi pembelajara dengan tiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Dan terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam kreativitas guru yaitu dorongan dalam diri guru itu sendiri, kesiapan dan keprofesionalan guru, keaktifan guru dalam mengajar, lingkungan sekolah, evaluasi pembelajaran dan
diri peserta didik tersebut untuk mempersiapkan diri menerima pembelajaran yang akan di ajarkan, dan sarana prasaran disekolah seperti media pembelajaran yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru; Fiqih; Thaharah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 01:48 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 01:48 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/77 |