Hidayatulloh, Hidayatulloh (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRA DARI LUAR KABUPATEN MANDAILING NATAL DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH ANGKATAN 2019/2020. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of HIDAYATULLAH_1601036_PAI-COVER- BAB I.pdf] Text
HIDAYATULLAH_1601036_PAI-COVER- BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of HIDAYATULLAH_1601036_PAI_BAB II- IV.pdf] Text
HIDAYATULLAH_1601036_PAI_BAB II- IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of HIDAYATULLAH_1601036_PAI_BAB V.pdf] Text
HIDAYATULLAH_1601036_PAI_BAB V.pdf - Updated Version

Download (840kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar santri putra dari luar kabupaten Mandailing Natal di Pondok Pesantren Musthafawiyah angkatan 2019/2020 serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar di pondok Musthafawiyah angkatan 2019/2020. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui motivasi belajar santri putra dari luar kabupaten Mandailing Natal di Pondok Pesantren Musthafawiyah angkatan 2019/2020 serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar di pondok Musthafawiyah angkatan 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi berjumlah 344 santri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 santri atau 20 % dari jumlah populasi. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknis analisis data yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah teknis analisis data statistic deskriptif, dianalisis secara dekriptif persentase. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa factor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri putra adalah keinginan sendiri, yaitu 79,71% santri jawaban sangat setuju, keinginan orangtua 84,06 % santri jawaban sangat tidak setuju, mengikuti kawan, 81,16 % santri jawaban sangat tidak setuju, sebuah kebutuhan, 59,42 % santri jawaban sangat, temannya banyak, 47,83% santri jawaban netral, senang belajar 75,36 % santri jawaban sangat setuju, ilmu agamanya lebih banyak daripada di sekolah umum, 72,46 % santri jawaban sangat setuju, karena ilmu agama kurang, 78,26 % santri jawaban sangat setuju, belajar keras di 71,01 % santri jawaban sangat setuju, menunjang dan meraih cita-cita, 43,48 % santri jawaban sangat setuju, modal dalam meraih cita-cita, 49,28 % santri jawaban setuju, semangat dalam melaksanakan aktivitas belajar 37,68 % santri jawaban netral, ingin dipuji, 34,78 % santrri jawaban netral, hukuman merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar, 44,93 % santri jawaban tidak setuju =, ingin dipandang derajat lebih tinggi dari tetangga, 60,87 % santri jawaban netral, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan yang diadakan, 30,43 % santri jawaban setuju, aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan tabligh, 60, 87 % santri jawaban netral, aktif mengikuti keorganisasian 52,17 % santri jawaban netral, agar terlatih hidup mandiri dan teratur, 62,32 % santri jawaban netral, agar pergaulan terjaga, 37, 68 % santri jawaban netral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:38
Last Modified: 04 Jun 2024 07:39
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item