Madinah, Shelly (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER RESOURCE BASED LEARNING PADA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs MARDIAH ISLAMIYAH. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of Shelly Madinah_20010058-COVER-BAB I.pdf] Text
Shelly Madinah_20010058-COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Shelly Madinah_20010058-BAB II-IV.pdf] Text
Shelly Madinah_20010058-BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of Shelly Madinah_20010058-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Shelly Madinah_20010058-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakagi pada pembelajaran dapat diartikan dengan kata mengajar dimana sebenarnya pembelajaran tidak lepas dari pengertian belajar dimana belajar dan pembelajaran menjadi satu rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu setiap kegiatan belajar selalu melibatkan dua pelaku aktif, guru dan murid. Untuk memudahkan belajar lebih optimal guru bisa memanfaatkan sumber resource based learning dalam belajar baik yang tersedia sekitar madrasah maupun luar madrasah. Adapun penyebabnya adalah dimana banyak sumber yang dapat dimanfaatkan sebagi sumber belajar bukan hanya dari guru saja dan menggunakan sumber resource based learning sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis sumber dalam meningkatkan pemahaman Fiqh kelas VIII di Mts Mardiah Islamiyah dan selanjutnya untuk mengetahui penerapan guru dalam menggunakan pembelajaran Resource Based Learning pada pembelajaran fiqh kelas VIII di MTs Mardiah Islamiyah .Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian yaitu guru Piqh di MTs Mardiah Islamiyah kelas VIII .Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada Penerapan Pembelajaran Berbasis Sumber Resource Based Learning pada Meningkatkan Pemahaman Fiqh peserta didik kelas VIIIA di MTs Mardiah Islamiyah sudah diterapkan. Pembelajaran berbasi sumber tersebut diantaranya Pesan (message), Orang (people), Bahan (materials), Alat (device), Teknik (technic), Latar (setting). Manfaat dan tujuan penerapan berbasis sumber yaitu memberikan pengalaman belajar secara langsung, dapat memberikan sesuatu yang tidak mungkin dikunjungi, dapat memperluas pengetahuan, dapat memberikan informasi yang akurat, dapat membantu memecahkan masalah, dapat memberikan motivasi yang fositif, dapat memacu untuk berfikir bersikap dan berkembang lebih lanjut. Sumber belajar berbasis Resource Based Learning yaitu RBL emberikan manfaat, Resource based learning memberikan pengertian tentang luas aneka ragam sumber belajar, Resource based learning meningkatkan motivasi belajar, Resource based learning memberikan kesempatan kepada murid untuk bekerja menurut kesanggupan masing-masing, Resource based learning lebih fleksibel dalam penggunaan waktu. Langkah-langkah Resource based learning, pengetahuan yang ada,tujuan pelajaran, memilih metode, penyajian bahan dan media, penyediaan tempat. Kelebihan dan kekurangan Resource based learning banyaknya jenis sumber belajar yang dapat dimanfaatkan, dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, memberikan cara-cara belajar yang lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Berbasis Sumber Resource Based Learning pada pemahaman fiqh peserta didik kelas VII MTs Mardiah Islamiyah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:59
Last Modified: 10 Dec 2025 07:59
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item