NURJANNAH, NURJANNAH (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN SUMATIF MELALUI GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN PAI BP SMA NEGERI 1 SIABU DI KELAS X. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
NUR JANNAH_19010053_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
NUR JANNAH_19010053_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
NUR JANNAH_19010053_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (343kB)
Abstract
Program studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah belum pernah menggunakan google form sebagai instrumen asesmen sumatif yang di rancang sendiri oleh pendidik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sarana sekolah dalam melakukan asesmen sumatif untuk mempermudah pendidik dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik. Pada permasalahan diatas peneliti memberikan solusi dan inovasi dengan mengembangkan instrumen asesmen sumatif melalui google form guna membantu pendidik untuk memudahkan pemberian nilai dan menilai kemampuan peserta didik dalam pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode yang digunakan adalah ADDIE. Tahapan pada penelitian ini yaitu analys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Produk yang dikembangkan berupa plat form menggunakan google form yang sudah di validasi oleh ahli, dan dilakukan uji coba praktikalitas kepada peserta didik dikelas X IPS2 SMA Negeri 1 Siabu Instrumen yang peneliti gunakan yaitu: lembar validasi modul, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian adalah: 1) Proses asesmen sisnarif melalui google form diminati peserta didik dan memudahkan pendidik dalam penilaian pada mata Pelajaran Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti dengan materi : 2) Instrumen asesmen sumatif melalui google form sudah divalidasi oleh validator dengan persentase 85% mendapatkan kriteria sangat valid: 3) Praktikalitas modul mencapai 71,21% hal ini menandakan bahwa penggunaan google form pada asesmen sumatif yang dikembangkan praktis untuk digunakan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; google form; asesmen; sumatif |
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:31 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:31 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/662 |
