BATUBARA, NUR AISYAH (2024) IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NU MALINTANG JAE. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_COVER-BAB I.pdf] Text
NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (730kB)
[thumbnail of NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_BAB II-BAB IV.pdf] Text
NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_BAB V.pdf] Text
NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_BAB V.pdf - Published Version

Download (622kB)

Abstract

Kode etik guru terdiri dari beberapa poin yang harus dipegang teguh oleh guru dalam menjalankan profesinya, yaitu menghormati hak asasi manusia, tidak memberikan rasa tidak nyaman bagi siswa, memberikan pelayanan terbaik kepada siswa, serta memelihara kerahasiaan informasi siswa. Implementasi kode etik guru dalam meningkatkan mutu pendidikan harus dilakukan dengan memperhatikan strategi dan prinsip-prinsip profesionalisme yang harus dipenuhi oleh guru. Prinsip-prinsip profesionalisme yang harus dipenuhi oleh guru adalah kejujuran, tanggung jawab, integritas, dan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kode etik guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Malintang Jae. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi kode etik guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Malintang Jae telah mengaplikasikan pendidikan sesuai dengan pembelajaran, bukan sekedar memberikan suatu pengarahan kepada siswa, melainkan guru juga harus mampu mengahayti dan mengamalkan apa itu tingkah laku yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan dijadikan contoh agar siswa memahami bagaimana manusia harus memiliki tingkah laku dan akhlak yang baik. 2) Kinerja guru di MTs NU Malintang Jae secara professional harusnya mengusai pengetahuan yang mendalam mengenai kinarja yang baik. Guru di MTs NU Malintang Jae telah membuktikan penerapan kode etik melalui kinerja dalam membentuk kepribadian peserta didik dengan menghasilkan tingkah laku yang sesuai dengan agama dan membentuk peserta didik dengan menghasilkan tingkah laku yang sesuai dengan kepribadian peserta didik dengan menghasilkan tingkah laku yang sesuai dengan agama dan membentuk peserta didik yang berguna bagi agama nusa dan bangsa. 3) Implementasi kode etik guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Malintang Jae dilakukan melalui strategi dan prinsip profesionalisme di lembaga pendidikan Islam. Prinsip-prinsip ini meliputi kejujuran kompetensi kemitraan, keadilan, tanggung jawab, social dan integritas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Guru; dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:54
Last Modified: 04 Dec 2025 07:54
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item