BATUBARA, NUR AISYAH (2024) IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NU MALINTANG JAE. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (730kB)
NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (751kB) | Request a copy
NUR_AISYAH_BATUBARA_18010044_BAB V.pdf - Published Version
Download (622kB)
Abstract
Kode etik guru terdiri dari beberapa poin yang harus dipegang teguh oleh guru dalam menjalankan profesinya, yaitu menghormati hak asasi manusia, tidak memberikan rasa tidak nyaman bagi siswa, memberikan pelayanan terbaik kepada siswa, serta memelihara kerahasiaan informasi siswa. Implementasi kode etik guru dalam meningkatkan mutu pendidikan harus dilakukan dengan memperhatikan strategi dan prinsip-prinsip profesionalisme yang harus dipenuhi oleh guru. Prinsip-prinsip profesionalisme yang harus dipenuhi oleh guru adalah kejujuran, tanggung jawab, integritas, dan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kode etik guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Malintang Jae. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi kode etik guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Malintang Jae telah mengaplikasikan pendidikan sesuai dengan pembelajaran, bukan sekedar memberikan suatu pengarahan kepada siswa, melainkan guru juga harus mampu mengahayti dan mengamalkan apa itu tingkah laku yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan dijadikan contoh agar siswa memahami bagaimana manusia harus memiliki tingkah laku dan akhlak yang baik. 2) Kinerja guru di MTs NU Malintang Jae secara professional harusnya mengusai pengetahuan yang mendalam mengenai kinarja yang baik. Guru di MTs NU Malintang Jae telah membuktikan penerapan kode etik melalui kinerja dalam membentuk kepribadian peserta didik dengan menghasilkan tingkah laku yang sesuai dengan agama dan membentuk peserta didik dengan menghasilkan tingkah laku yang sesuai dengan kepribadian peserta didik dengan menghasilkan tingkah laku yang sesuai dengan agama dan membentuk peserta didik yang berguna bagi agama nusa dan bangsa. 3) Implementasi kode etik guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Malintang Jae dilakukan melalui strategi dan prinsip profesionalisme di lembaga pendidikan Islam. Prinsip-prinsip ini meliputi kejujuran kompetensi kemitraan, keadilan, tanggung jawab, social dan integritas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kode Etik Guru; dan Kinerja Guru |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:54 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 07:54 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/657 |
