ALWI NASUTION, MUHAMMAD (2024) EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 TAMBANGAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of MUHAMMAD ALWI NASUTION_20010033_PAI_COVER-BAB I.pdf] Text
MUHAMMAD ALWI NASUTION_20010033_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (812kB)
[thumbnail of MUHAMMAD ALWI NASUTION_20010033_PAI_BAB II-BAB IV.pdf] Text
MUHAMMAD ALWI NASUTION_20010033_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of MUHAMMAD ALWI NASUTION_20010033_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MUHAMMAD ALWI NASUTION_20010033_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, penerapan, keefektivan dan faktor dari penggunaan e-modul berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran PAI di kelas XII. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tambangan yang berlokasi di Jln. Medan Padang Kelurahan Laru Lombang, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Data yang diperoleh bersumber dari data primer dan data skunder. Teknik Analisis data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu, dan tahap selanjutnya reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara bersama kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik di kelas XII. Hasil penelitian keefektivan e-modul berbasis aplikasi Canva dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Tambangan terlihat dari peningkatan minat dan partisipasi siswa. Dengan desain yang menarik dan interaktif, e-modul ini mampu menyajikan materi dengan cara yang lebih mudah dipahami, menggunakan elemen visual seperti gambar dan video. Hal ini membuat siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran, yang berdampak positif pada pemahaman mereka terhadap konsep-konsep PAI. Penerapan e-modul memberikan banyak kemudahan dalam proses pembelajaran PAI di kelas. Siswa dapat mengerjakan tugas langsung melalui platform digital, mudah diakses dan guru dapat dengan mudah memantau kemajuan Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul; Pembelajaran PAI; Aplikasi Canva; Siswa.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 04 Dec 2025 08:17
Last Modified: 04 Dec 2025 08:17
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item
View Item