AULIYA, MILA (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI MAN 1 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of MILA AULIYA_18010018_PAI_COVER-BAB I.pdf] Text
MILA AULIYA_18010018_PAI_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (709kB)
[thumbnail of MILA AULIYA_18010018_PAI_BAB II-BAB IV.pdf] Text
MILA AULIYA_18010018_PAI_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of MILA AULIYA_18010018_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MILA AULIYA_18010018_PAI_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesioanlisme di MAN 1 Mandailing Natal. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, metode yang berusaha menggambarkan objek sesuai apa adanya dan penelitian deskriptif ini pada umumnya dilakukan secara sistematis fakta objek atau subjek yang diteliti secara tepat dan pengumpulan data dilakukan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, serta pengumpulan data atau dokumen. Kemudian dalam menguji keabsahan data tersebut peneliti menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik pengumpulan data. Selain itu dalam menganalisa data, peneliti melakukan langkah-langkah berupa pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di MAN 1 Mandailing Natal dilakukan melalui tenaga pendidikan diarahkan untuk melakukan pelatihan seperti mengikut sertakan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), rapat kerja dan supervisi. 2). Faktor pendukung terkait peran aktif kepala madrasah, jumlah tenaga pendidik dan kualifikasi cukup memadai, memiliki sertifikat mengajar sesuai bidangnya, tenaga pendidik yang memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat peningkatan profesionalisme guru adalah perangkat pembelajaran yang kurang memedai dimana hal ini adalah salah satu unsur yang memudahkan siswa dalam memhami materi yang di ajarkan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Peningkatan, Profesionalisme, Tenaga Pendidik.
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 25 Nov 2025 04:05
Last Modified: 25 Nov 2025 04:05
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item