Nur, Mawarni (2024) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SDN 159 PURBA BARU. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
Mawarni Nur_20010031_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
Mawarni Nur_20010031_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (610kB) | Request a copy
Mawarni Nur_20010031_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (414kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi guru memegang peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, pembelajaran yang dilakukan oleh guru, diharapkan mampu mengajak dan melatih siswa untuk berpikir ke level yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sebab melalui pengamatan dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan yang apa adanya sehingga dapat mendeskripsikan kejadian di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dimana dalam wawancara peneliti mewawancarai guru PAI SDN 159 Purbabaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan penggunaan media animasi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 159 Purba Baru menunjukkan bahwa secara keseluruhan, penggunaan media animasi dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 159 Purba Baru telah memberikan hasil yang sangat positif. Langkah-langkah persiapan dan perencanaan yang matang oleh para guru, mulai dari pemilihan materi yang sesuai hingga pembuatan dan pemilihan animasi yang relevan, telah menciptakan fondasi yang kuat untuk pelaksanaan yang sukses di kelas. Implementasi yang terstruktur di kelas, termasuk penggunaan proyektor dan komputer untuk memutar animasi, serta diskusi dan tanya jawab setelah pemutaran animasi, membantu siswa lebih fokus dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 159 Purba Baru menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan penggunaan metode pengajaran yang kreatif dan interaktif, terutama media animasi. Berdasarkan hasil observasi di kelas dan wawancara dengan siswa, ditemukan beberapa temuan terkait minat belajar antara lain, peningkatan antusiasme, keaktifan dalam diskusi, peningkatan kehadiran dan umpan balik positif siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media animasi; Minat peserta Didik; Mata Pelajaran PAI |
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 08:28 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 08:28 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/644 |
