Sari, Ermina (2024) IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII MIA 1 SMAN 1 PANYABUNGAN SELATAN. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of ERMINA SARI_20010020_BAB II-BAB IV.pdf] Text
ERMINA SARI_20010020_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB) | Request a copy
[thumbnail of ERMINA SARI_20010020_COVER-BAB I.pdf] Text
ERMINA SARI_20010020_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of ERMINA SARI_20010020_BAB V.pdf] Text
ERMINA SARI_20010020_BAB V.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala dalam berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran, kendala tersebut antara lain masih menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga menyebabkan peserta didik jenuh, kurang termotivasi, dan materi terasa sulit dipahami. Metode Think Pair Share merupakan pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berfikir yang menggunakan struktur kelompok untuk mengembangkan kemampuan berfikir, berpasangan, dan berbagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan Visual activities, Oral Activities, Mental Activities dan Emotional Activities. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Think Pair Share pada mata pelajaran PAI Kelas XII MIA 1 dapat meningkatkan Visual Activities, representasi visual yang membantu peserta didik mengingat konsep dengan memperhatikan gambar, dan mengamati, membagikan informasi, tetapi juga memperkuat pemahaman peserta didik. Oral activities melalui proses berpikir mandiri, berdiskusi dengan pasangan, menyatakan, merumuskan, bertanya, mengeluarkan pendapat memperkuat keterampilan komunikasi peserta didik dalam konteks pembelajaran agama Islam. Mental Activities melalui pertukaran ide antar peserta didik memperkaya diskusi dan menciptakan suasana belajar yang positif. Emotional Activities melalui pengembangan keterampilan berargumentasi dan berbicara di depan kelas keterlibatan aktif peserta didik dengan memberikan kesempatan untuk berpikir secara mandiri, berdiskusi dengan pasangan menjadi bagian penting dari pengalaman belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Think Pair Share; Aktivitas Belajar
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:44
Last Modified: 20 Nov 2025 07:44
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item